13 Jenis Kupu-Kupu Dengan Corak Sangat Indah

Negara Indonesia memiliki flora dan fauna yang sangat beragam, salah satunya adalah kupu-kupu.

Kupu-kupu merupakan serangga yang masuk ke dalam kategori Lepidoptera (ordo serangga yang mencakup ngegat dan kupu-kupu) atau dengan kata lain serangga yang memiliki sisik pada sayapnya. Keanekaragaman serangga ini jumlahnya ada ribuan jenis di negara Indonesia yang membuat Indonesia menempati urutan kedua di dunia sebagai negara dengan bermacam-macam jenis kupu-kupu. Berbagai macam jenis kupu-kupu ini tersebar hingga ke seluruh daerah yang ada di Indonesia seperti Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara Timur serta Papua.

Namun, ada beberapa spesies kupu-kupu yang hanya bisa ditemui di beberapa daerah saja. Contohnya kupu-kupu sayap renda yang hanya bisa anda temukan di daerah Sulawesi Selatan. Tidak hanya itu, daerah ini juga diakui sebagai surganya kupu-kupu di Indonesia karena daerah tersebut kaya akan serangga yang satu ini.

Ada beragam jenis kupu-kupu cantik dan unik yang perlu anda tahu di seluruh dunia ini. Info lebih lengkapnya bisa langsung saja anda simak pada penjelasan berikut ini.

1. Kupu-kupu Merak

Kupu-kupu yang memiliki sayap dengan motif seperti bulu burung merak jantan yang membuat serangga ini memiliki nama kupu-kupu merak. Motif merak tersebut berjumlah 4 yang terletak pada masing-masing helai sayap bagian atas dengan pola mata palsu. Fungsinya untuk membuat hewan pemangsa menjadi takut dan mengira bahwa kupu-kupu adalah hewan yang berbahaya. Jika hewan pemangsa tersebut tetap menyerang kupu-kupu ini, maka yang diserang adalah bagian sayapnya karena tidak bisa membedakan antara mata dan kepala asli kupu-kupu merak. Dengan begitu, serangga yang cantik ini dapat terbang menghindar ke tempat yang lebih aman.

Similar Content :  Memperdalam Pengetahuan Tentang Definisi dan Makna Kerjasama

2. Kupu-kupu Blue Morpho

Kupu-kupu yang memiliki sayap dengan warna biru yang cerah dan berkilau. Perlu diketahui bahwa warna ini hanya dimiliki oleh kupu-kupu blue morpho jantan, sedangkan blue morphon betina memiliki warna yang condong ke kuning, coklat dan hitam pada sayapnya. Serangga ini sering kali dimangsa oleh predator sebab warnanya yang begitu mencolok sehingga menyebabkan populasinya menurun  dan hampir punah.

3. Kupu-kupu Polyommatus Bellargus

Kupu-kupu polyommatus bellargus adalah salah satu jenis kupu-kupu yang sangat langka di Inggris. Kupu-kupu ini hidup di rerumputan yang pendek pada tempat tertentu saja dan keberadaanya berkurang karena rusaknya padang rumput. Maka dari itu, perlu dilestarikan kupu-kupu polyommatus bellargus agar jenis kupu-kupu ini tetap terjaga dan dapat dinikmati keindahannya secara bersama-sama.

4. Kupu-kupu Swallowtail

Kupu-kupu swallowtail termasuk anggota keluarga dari kupu-kupu terbesar di dunia. Ukuran dari serangga ini minimal 4 cm dan ukuran maksimalnya 28 cm. Bentuknya cantik serta terbagi hingga banyak spesies sehingga banyak orang yang menyukai serangga ini. Kupu-kupu swallowtail sering digunakan untuk bahan percobaan (fisiologi, ekologi serangga) dan sebagai bahan pembelajaran sains dengan dibantu kupu-kupu putih. 

5. Kupu-kupu Putih

Kupu-kupu dengan ciri khas sayap yang berwarna putih, namun ada pula keluarga dari kupu-kupu ini yang biasanya berwarna oranye dan kuning. Selain itu, warna urat dari kupu-kupu jantan dan betina memiliki warna urat yang berbeda. Kupu-kupu jantan memiliki urat yang menonjol ke bawah dengan warna hitam, sedangkan kupu-kupu betina berwarna gelap dengan warna dasarnya adalah hitam kekuningan. Kita juga sering melihat jenis kupu-kupu putih yang sering terbang di sekitar area pekarangan rumah.

6. Kupu-kupu Greta Oto

Kupu-kupu greta oto atau bisa dikatakan sebagai kupu-kupu bersayap bening merupakan kupu-kupu yang memiliki sayap tembus pandang (transparan) dengan ukuran lebarnya antara 5,6 cm sampai dengan 6,1 cm. Serangga ini sangat unik karena uratnya yang seperti kaca. Kupu-kupu greta oto dapat mengangkat beban yang 40 kali lebih besar dibandingkan berat badannya saat sudah dewasa. Selain itu, serangga ini juga akan menampilkan perilaku yang menarik dan menampilkan daya tariknya kepada lawan jenis dengan cara kompetitif.

Similar Content :  Ketahui Ciri Khas Eceng Gondok yang Unik

7. Kupu-kupu Kaiser i hind

Kupu-kupu kaiser i hind (teinopalpus imperialis) termasuk ke dalam spesies kupu-kupu swallowtail yang keberadannya langka. Serangga ini hidup di daerah dataran tinggi dan anda bisa menemukan jenis kupu-kupu ini di Nepal, sepanjang gunung Himalaya serta ditemukan juga pada Negara Myanmar bagian timur. Kupu-kupu ini pun memiliki kebiasaan yaitu terbang dengan sangat kuat dan cepat.

8. Kupu-kupu The Sri Lankan Ceylon Rose

Jenis kupu-kupu dengan warna sayapnya adalah hitam, putih dan sedikit warna cokelat yang membuat serangga ini terlihat lebih elegant. Memiliki ciri khas yaitu bentuk sayap dibagian atas yang dekat dengan kepala itu memanjang dan bagian bawah sayap kupu-kupu the sri lankan ceylon rose terdapat beberapa lekukan yang sangat unik. Sehingga anda langsung dapat mengenalinya jika bertemu dengan jenis kupu-kupu yang satu ini.

9. Kupu-kupu Sapho Longwings

Kupu-kupu yang berbeda dengan jenis kupu-kupu lainnya sebab kupu-kupu sapho longwings memiliki sayap yang lebih panjang seperti dengan nama yang dimilikinya.

Memiliki motif dengan didominasi oleh warna biru navy dengan hiasan warna putih di bagian tengah sayapnya. Oleh karena itu, kupu-kupu ini terlihat sangat cantik serta unik. Anda dapat menemukan jenis kupu-kupu tersebut di kawasan Meksiko. 

10. Kupu-kupu Monarch

Kupu-kupu monarch juga bisa dikatakan sebagai kupu-kupu raja. Sayap yang dimiliki berwarna cokelat terang dan ada garis-garis pembatas berwarna hitam serta titik-titik putih dengan ukuran lebar sayapnya berkisar antara 8,9 cm sampai 10,2 cm. Kupu-kupu ini terkenal karena seringkali berpindah-pindah untuk mengambil masa hidup hingga tiga atau empat turunan jika berkenan dengan mengikuti musim dari kanada ke Mexsico.

11. Kupu-kupu Eighty Eight

Kupu-kupu ini memiliki nama eighty eight sebab motif yang dimiliki oleh sayapnya seperti angka 88. Sungguh unik serangga tersebut karena jarang sekali ada jenis kupu-kupu yang motifnya menyerupai angka atau huruf. Terbagi menjadi 12 spesies dengan berbagai macam warna serta motif yang hampir sempurna dan sangat aestetic tentunya. Mungkin juga kupu-kupu eighty eight menjadi satu-satunya yang ada di dunia.

Similar Content :  Ketahui Manfaat Daun Kelor yang Masih Jarang Diketahui

12. Kupu-kupu Apollo

Salah satu jenis kupu-kupu yang dapat mudah kita kenali karena sayapnya berwarna putih dengan ada lingkaran merah dibagian tengah. Keunikannya yaitu ketika dalam posisi terancam, maka kupu-kupu apollo dapat mengeluarkan bau busuk untuk melindungi diri. Akan tetapi, populasi dari kupu-kupu ini hampir punah dan hanya dapat ditemukan di beberapa daerah saja seperti Prancis, Italia,  dan Spanyol.

13. Kupu-kupu Purple Spotted

Kupu-kupu yang sangat cantik karena bentuk sayapnya yang sangat indah. Sayap bagian atas memiliki ukuran yang lebih besar dari sayap yang bawah. Sayap bagian bawah juga ada bentuk runcing di bagian ujungnya. Sedangkan, di bagian tengah sayap berwarna ungu. Namun, sangat disayangkan karena populasi dari kupu-kupu purple spotted sudah hampir punah.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *